Lahan Pemakaman Mewah San Diego Hills Milik Siapa?

Pemakaman mewah San Diego Hills milik siapa? Banyak yang penasaran dengan hal tersebut. Kawasan pemakaman yang terletak di Karawang Jawa Barat ini sangat terkenal mewah. Konsep yang diusung tempat pemakaman ini mampu membuatnya sebagai tempat peristirahatan terakhir yang paling baik. Lokasi pemakanan juga sangat strategis dan mudah dijangkau. Tempat pemakanan ini memiliki penampilan yang indah, terawat, rapi, dan memiliki fasilitas yang lengkap. Siapakah sosok yang memiliki tempat pemakanan tersebut?

Lahan pemakanan ini merupakan milik swasta sehingga berbeda dengan TPU yang dimiliki pemerintah. Tempat pemakanan yang satu ini bahkan termasuk lahan pemakanan swasta yang paling mewah di Indonesia. Mengusung konsep seperti pemakanan Forest Lawn yang ada di Amerika Serikat membuat tempat pemakanan ini sangat indah. Tempat pemakaman ini juga tetap memperhatikan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Lahan pemakanan San Diego Hills seluas 350 hektar ini merupakan milik Lippo Group. Ide didirikannya kuburan mewah ini datang dari pemiliknya yakni bapak Mochtar Riady. Pemilik pemakanan ini mengaku mendirikan kuburan swasta mewah ini karena pengalamannya yang tengah ingin memindahkan makam orang tuanya. Banyaknya pemakanan yang sudah penuh dan lahan pekamanan yang tidak terawat membuat dirinya memutuskan untuk memindahkan makan orang tuanya dilahan miliknya yang ada di Karawang.

Seiring berjalannya waktu lahan pemakanan tersebut mulai dikembangkan menjadi sebuah tempat pemakaman yang luas. Tempat pemakanan ini sangat berbeda dengan TPU milik pemerintah. Sudah banyak public figure yang dimakamkan di tempat pemakanan satu ini. Sistem yang digunakan lahan pemakanan ini adalah sistem membeli lahan. Ketika membeli lahan pemakanan di lokasi tersebut akan diberikan Surat Kolektif Makam (SKM).

Tempat pemakanan ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang ditawarkan adalah tempat ibadah, kolam renang, restoran, danau, tempat olahraga, dan masih banyak fasilitas lainnya. Mengingat tempat pemakanan ini milik swasta maka sangat wajar jika harga makam di pemakanan tersebut sangat mahal. Fasilitas mewah yang ditawarkan mampu menghilangkan rasa kesedian para peziarah.