Pengertian Demokrasi Liberal

Pengertian Demokrasi Liberal

www.ruangguru.co.id liberal adalah sistem politik yang menganut pada kebebasan berindividu, sistem ini sangat bertolak belakang dengan komunisme. Secara umum demokrasi liberal adalah suatu demokrasi yang didalam pelaksanaannya terdapat perwakilan, sedang menurut kamus Offord  adalah suatu demokrasi berdasarkan pada pengakuan terhadap hak individu dan kebebasannya.

Pengertian Demokrasi Liberal

Berikut ini adalah ciri-ciri dari demokrasi liberal yang wajib anda ketahui :

  • Dalam demokrasi liberal memiliki ciri-ciri bahwa keputusan diambil dengan suara mayoritas.
  • Menganut paham demokratif dan dituangkan dalam konstitusi mereka
  • Kekuasaan tidak hanya berpusat satu titis seperti demokrasi terpimpin, namun terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan tugasnya, sehingga membuat pengambilan keputusan lambat namun tepat.
  • Kekuasaan negara terletak pada parlemen
  • Didalam sistem demokrasi liberal ini anda akan mendapatkan pemilihan berupa voting
  • Sistem ini juga membuat orang bebas dalam memeluk agama dan kepercayaan masing-masing, selain itu pemerintah didalamnya tidak berdasar dengan agama seperti yang terjadi di Arab Saudi.
  • Untuk pergantian kepemimpinan dan perwakilan rakyat juga terjadi dengan sistem dipilih langsung oleh rakyat.
  • Dengan menggunakan demokrasi liberal maka terdapat perwakilan dari rakyat sehingga kekuasaan presiden terbatas.

Dan masih banyak lagi ciri-ciri lainnya yang bisa anda cari di info lain. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh sistem demokrasi liberal antara lain adanya kebebasan individu, dan hal ini wajar asal tidak merugikan orang lain, untuk tingkat kesiapan dalam melawan musuh atau perang juga lebih tinggi dan lebih siap, dengan adanya perwakilan rakyat tidak hanya mutlak presiden maka kekuasaan akan terbatasi, sehingga presiden tidak akan sewena-wena. Keuntungan lainnya adalah tingkat pendidikan masyarakat lebih tinggi, karena tidak adanya kekangan dari pemerintah, setiap orang bisa menghasilkan dan bekerja sesuai dengan keinginan asal tidak merugikan negara dan orang lain. Kelebihan lainnya adalah mendorong perkembangan teknologi dan juga ilpeng yang semakin luas, selain itu untuk kekuasaan eksekutif juga dibatasi oleh peraturan perundang- undangan. Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya yang ada pada demokrasi liberal.